Selamat Datang di Blog Pasutri Lina-Markus


Kami senang sekali, anda mengunjungi blog pribadi ini.
semoga blog ini bermanfaat bagi anda.

Salam Kasih,
Lina-Markus

Rabu, September 03, 2008

Sejarah Gerakan ME di Indonesia

Pada tahun1952 di Kota Bercelona - Spayol , Pastor Gabriel Calvo didatangi sepasang suami - istri yang menyatakan secara berpasangan membaktikan dirinya bagi kerasulan untuk untuk suami istri . Sebelum ini mereka memang sudah aktif di paroki , namun mereka sendiri , mungkin si suami di Depar dan si istri di WK . Tapi mereka ingin bersama - sama dalam melakukan kerasulan keluarga .

Mendapat tantangan ini , selama sekitar sepuluh tahun Pastor Calvo dan pasangan tersebut mempersiapkan suatu program yang dianggap sesuai bagi kerasulan untuk pasangan suami - istri , dan pada tahun 1962 di Bercelona itu diadakanlah WEME yang pertama yang waktu itu dalam Bahasa Spayol di sebut sebagai Encuentro Conyugal .


Setelah mendapat sukses yang cukup besar di Spayol , maka pada tahun 1966 Pastor Calvo memperkenalkan program ini dalam pertemuan Konggres Internasional CFM ( Christian Family Movement )yang diadakan di Venezuela , dan dari situ para pemimpin CFM membawa program tersebut ke hampir seluruh Negara di Amirika Larin . Setahun kemudian , pada tahun 1967 , Encuentro Conyugal sudah sampai di Amirika Serikat , namun semula masih terbatas bagi mereka yang berbahasa Spayol dan baru pada Agustus 1967 di bawakan dalam bahasa Inggris di Notre Damme dengan sebutan Marriage Encounter .

Perkembangan terjadi begitu cepat . Pada musim panas tahun 1968 ada sekitar 50 pasangan suami istri Team dan 29 Romo dari Spayol di undang ke Amirika untuk mengadakan WEME di mana - mana . Sejak itu ME semakin berkembang , terutama di wilayah Long Island , New York , di bawah pimpinan Pater Chuck Gallagher yang mendalami program ini secara lebih lanjut , hingga pada tahun 1974 berkembang secara internasional dengan nama Worldwide Catholic Marriage Encounter .

Di tahun 1975 , Almarhum Mgr. Leo Sukoto SJ , sedang mempelajari gerakan kesejahtraan keluarga di Belgia , dan secara kebetulan menghadiri pertemuan bina lanjut dari ME , beliau sangat tertarik dan mengundang Team dari Belgie untuk memberikan WEWE di Indonesia . Team ME dari Belgie bersedia , dengan catatan Mgr. Leo Sukoto juga bersedia mengikuti ME tersebut . Maka pada tanggal 25 s/d 27 Juli 1975 di Tugu , Jakarta , WEME pertama diadakan di Indonesia dalam Bahasa Vlaams ( yang mirip Bahasa Belanda ) .

Setelah itu , Pastor Piet Nooy SVD , diutus selam tiga bulan ke Belgie untuk memperdalam ME , dan sepulang dari sana mempersiapkan Team , hingga pada tanggal 7 s/d 9 Mei 1976 diadakanlah WEME yang pertama dalam Bahasa Indonesia di Samadi Shalom , Sindanglaya yang di ikuti oleh 10 pasangan suami istri dan 2 orang suster .

Semenjak itu ME menyebar ke seluruh nusantara . Di Surabaya WEWE pertama diadakan pada tanggal 29 s/d 31 Desember 1978 , dengan Team yang masih didatangkan dari Distrik Semarang . Setelah memiliki full time , maka pada tahun 1982 resmi menjadi ME Distrik Semarang . Setelah memiliki full time , maka pada tahun 1982 resmi menjadi ME Distri IV Surabaya , dan sampai dengan November 2003 , Distrik IV Surabaya telah mengadakan 148 kali WEME di Keuskupan Surabaya , belum termasuk WEME yang diadakan di Malang , Manado , Flores , Denpasar , maupun Banjarmasin .
Sampai dengan tahun 2003 , ME Indonesia telah memiliki 11 Distrik dan 10 wilayah . Semoga wilayah - wilayah ini juga segera dapat menyusul lahir sebagai Distrik baru , sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih luas bagi sesama .

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Mining Industry. Powered by Blogger